Jumat, 04 November 2011

Tia Nuraini FM / 09 / IX C


Kelebihan Intranet  dan kekurangan 
intranet adalah sebuahjaringan privat (private network) yang menggunakan protokol protokol internet , untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya),klien dan jugaserver. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
kELEBIHAN INTRANET

  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
  • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan
MANFAAT UNTUK SEKOLAH
  • Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
  • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
  • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
  • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
  • Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah
kelemahan intranet
*informasi yang salah atau tidak sesuai dapat beredar melalui intranet
*dalam berkembanginteraksi di intranet ada kemungkinan untuk mengirimkan hal hal yang kurang sesuai



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INTERNET

Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Peranan internet yang sangat penting adalah sebagai sumber data dan informasi serta sebagai sarana pertukaran data dan informasi
 
 KEUNGGULAN
Akses 24-jam
Akses di Internet tidak dibatasi dengan waktu, karena dimanapun dan kapanpun dunia maya (akses Internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zona waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah Internet. Misalnya Anda sedang mengakses Internet di Indonesia, maka di belahan dunia lain (misalnya Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
Kecepatan Internet
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di Internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan Internet. Pencarian informasi menggunakan Internet jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Anda cukup klik pada salah satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah Anda dapatkan.
Interaktivitas dan Fleksibilitas
Dalam dunia Internet, komunikasi dengan pengguna di belahan dunia dapat Anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang Anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas Chatting. Disamping itu, Anda dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat ikomunikasikan dengan pengguna lain.
 
KEUNTUNGAN 
* Produktifitas kerja
* Efisiensi waktu
* Komunikasi
* Sistem publikasi web
* Efektifitas biaya
* Keseragaman informasi
* Meningkatkan kerjasama


KELEMAHAN
 
* Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
* Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
* Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
* Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
* Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.
 
ANCAMAN VIRUS
Salah satu masalah dalam dunia Internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia komputer maupun perkembangan Internet itu sendiri. Berbagai macam virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar melalui jaringan global Internet, baik lewat E-mail maupun file-file yang di download.
KETERGANTUNGAN PADA JARINGAN
Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP (Internet Service Provider) menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet. Apabila Anda mengakses Internet Dial-up, maka kenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses Internet.
Selain itu saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses Internet dan biaya akan lebih mahal. Disamping itu terbatasnya Bandwidth sistem transimi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses Internet dalam waktu yang bersamaan akan mempengaruhi akses Internet.
Selain itu, masih banyak lagi keunggulan maupun kekurangan dari Internet.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar